KURIKULUM TINGKAT SATUAN
PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 JAKARTA
I. PENDAHULUAN
A. Rasional
Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan
pendidikan nasional serta kesesuaian
dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan
peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk
memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang
ada di daerah.
Pengembangan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar
nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.
Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi
lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan
penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut,
yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan
utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di SMA
Negeri 1 Jakarta apabila kegiatan belajar mampu membentuk pola tingkah laku
peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan, serta dapat dievaluasi melalui
pengukuran dengan menggunakan tes dan non tes. Proses pembelajaran akan efektif
apabila dilakukan melalui persiapan yang cukup dan terencana dengan baik supaya
dapat diterima untuk memenuhi:
- Kebutuhan masyarakat setempat dan masyarakat global
- Mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi perkembangan dunia global
- Sebagai proses untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi
B. Landasan
1.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional Pasal 38 Ayat 2 dan
Pasal 51 Ayat 1
2.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan Pasal 17
Ayat 2, dan Pasal 49 Ayat 1
3.
Peraturan Mendiknas Nomor 22
tahun 2006 tentang Standar Isi.
4.
Peraturan Mendiknas Nomor 23
tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
5.
Peraturan Mendiknas Nomor 24
tahun 2006 tentang pelaksanaan permen diknas nomor .22 dan 23.
II.
TUJUAN PENDIDIKAN MENENGAH ATAS
Tujuan pendidikan
menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak
mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih
lanjut.
III. VISI, MISI DAN TUJUAN SMA NEGERI 1 JAKARTA
Visi :
Sekolah historis berbasis Teknologi Informasi, mantap dalam IMTAQ, unggul
dalam IPTEK, berprestasi dalam olahraga dan seni serta siap bersaing dalam
menghadapi era global.
Misi :
1.
Menciptakan
lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran
2.
Menumbuh
kembangkan semangat keunggulan dan bernalar sehat kepada para peserta didik,
guru dan karyawan sehingga berkemauan kuat untuk terus maju
3.
Meningkatkan
komitmen seluruh tenaga kependidikan terhadap tugas pokok dan fungsinya
4.
Mengembangkan
Teknologi Informasi dan komunikasi dalam pembelajaran dan administrasi sekolah
Tujuan :
1.
Mepersiapkan peserta didik
yang bertaqwa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
2.
Mempersiapkan peserta didik
agar menjadi manusia yang berkepribadian, cerdas, berkualitas dan berprestasi
dalam bidang olahraga dan seni.
3.
Membekali peserta didik agar
memiliki keterampilan teknologi informasi dan komunikasi serta mampu
mengembangkan diri secara mandiri
4.
Menanamkan peserta didik sikap
ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi dengan lingkungan dan
mengembangkan sikap sportifitas.
5.
Membekali peserta didik dengan
ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu bersaing dan melanjutkan ke jenjang
pendidikan yang lebih tinggi.
IV. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Mata Pelajaran
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
1.Pendidikan
Agama Islam
|
1.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan
fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi
2.
Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan
Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
3.
Berperilaku terpuji seperti hasnuzzhan, taubat dan raja
dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah
4.
Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta
menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
5. Memahami
sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta
perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia
|
2.
Pendidikan Agama
Kristen
|
1.
Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar
pribadi dan kehidupan sosial
2.
Merespon berbagai bentuk kehidupan modern, perkembangan
budaya dan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan mengacu pada ajaran Kristen
3.
Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam kehidupan
gereja, masyarakat dan bangsa
4. Menyampaikan
berita damai dan menjadi pembawa damai sejahtera
|
3.
Pendidikan Agama
Katolik
|
1.
Peserta didik dapat menguraikan pemahaman
tentang pribadinya sebagai pria dan wanita serta sebagai Citra Allah
yang memiliki akal budi untuk berpikir kritis serta memiliki suara hati dan
kehendak yang bebas untuk bertindak secara
bertanggung jawab.
2.
Peserta didik menguraikan pemahaman tentang
pribadi Yesus Kristus yang diwartakan oleh Kitab Suci dan diajarkan
oleh Gereja dan bagaimana upaya nyata meneladani dalam hidup sehari-hari.
3.
Peserta didik dapat menguraikan pemahaman makna Gereja, fungsi dan
sifat-sifatnya serta hubungannya dengan dunia dan bagaimana menghayati dalam
hidup bergereja.
4.
Peserta didik menguraikan fungsi Gereja yaitu melanjutkan perutusan
Yesus untuk mewartakan Kerajaan Allah dan melibatkan diri dalam perutusan itu
untuk memperjuangkan martabat dan hak asasi manusia dengan menegakkan nilai-nilai Kerajaan
Allah, antara lain: keadilan, kejujuran dan keutuhan lingkungan hidup.
|
4.
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
1. Memahami hakekat
bangsa dan Negara Kesatuan Repubilik Indonesia
2. Menganalisis sikap
positif terhadap penegakan hukum, peradilan nasional, dan tindakan anti
korupsi
3. Menganalisis
pola-pola dan partisipasi aktif dalam pemajuan,
penghormatan serta penegakan HAM baik di Indonesia maupun di luar negeri
4. Menganalisis peran
dan hak warganegara dan sistem pemerintahan NKRI
5. Menganalisis
budaya politik demokrasi, konstitusi, kedaulatan negara, keterbukaan dan
keadilan di Indonesia
6. Mengevaluasi
hubungan internasional dan sistem hukum internasional
7. Mengevaluasi sikap
berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang
Dasar 1945
8. Menganalisis peran
Indonesia dalam politik dan hubungan internasional, regional, dan kerja sama
global lainnya
9. Menganalisis
sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional, dan mahkamah
internasional
|
5. Bahasa Indonesia
|
1. Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan
penyampaian berita, laporan, saran, berberita, pidato, wawancara, diskusi,
seminar, dan pembacaan karya sastra berbentuk puisi, cerita rakyat, drama,
cerpen, dan novel
2. Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk
mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan berkenalan,
diskusi, bercerita, presentasi hasil penelitian, serta mengomentari pembacaan
puisi dan pementasan drama
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk
memahami wacana tulis teks nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk
rencana, teks pidato, serta teks sastra berbentuk puisi, hikayat, novel,
biografi, puisi kontemporer, karya sastra berbagai angkatan dan sastra Melayu
klasik
4. Menulis
Menggunakan
berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk teks narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, teks
pidato, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen,
laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi,
cerpen, drama, kritik, dan esei
|
6. Bahasa Inggris
|
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion,
dan review, dalam konteks kehidupan
sehari-hari
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam
wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam
bentuk recount, narrative, procedure, descriptive,
news item, report, analytical
exposition, hortatory exposition,
spoof, explanation, discussion,
dan review, dalam konteks kehidupan
sehari-hari
3. Membaca
Memahami makna dalam wacana tertulis
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion,
dan review, dalam konteks kehidupan
sehari-hari
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis
dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal,
dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive,
news item, report, analytical
exposition, hortatory exposition,
spoof, explanation, discussion,
dan review, dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
7. Matematika
|
Program IPA
1.
Memahami pernyataan dalam matematika dan
ingkarannya, menentukan nilai
kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam
pemecahan masalah
2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan
pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat, fungsi
eksponen dan grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi invers, persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya,
suku banyak, algoritma pembagian dan teorema sisa, program linear, matriks
dan determinan, vektor, transformasi geometri dan komposisinya, barisan dan
deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.
Menentukan kedudukan, jarak dan besar sudut yang
melibatkan titik, garis dan bidang di ruang dimensi tiga serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.
Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan dan
identitas trigonometri, rumus sinus
dan kosinus jumlah dan selisih dua sudut, rumus jumlah dan selisih sinus dan
kosinus, serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah
5.
Memahami limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
di suatu titik dan sifat-sifatnya, turunan fungsi, nilai ekstrem, integral
tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan trigonometri, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
6.
Memahami dan
mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, gambar,
grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran penyebaran, permutasi
dan kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian dan menerapkannya dalam
pemecahan masalah
7.
Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya
dalam kehidupan
8.
Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis,
sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerjasama
Program IPS
1.
Memahami pernyataan dalam matematika dan
ingkarannya, menentukan nilai
kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam
pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan
berkuantor
2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan
pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat dan
grafiknya, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, komposisi dan invers fungsi,
program linear, matriks dan determinan, vektor, transformasi geometri dan
komposisinya, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.
Menentukan kedudukan, jarak dan besar sudut yang
melibatkan titik, garis dan bidang di ruang dimensi tiga serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.
Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan dan
identitas trigonometri serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah
5.
Memahami limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
di suatu titik dan sifat-sifatnya, turunan fungsi, nilai ekstrem, integral
tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan trigonometri, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
6.
Mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk tabel,
diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran
penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian, dalam
pemecahan masalah
7.
Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya
dalam kehidupan
8.
Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis,
sistematis, kritis dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerjasama.
|
8. Fisika
|
1.
Melakukan percobaan, antara lain merumuskan masalah,
mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit
instrumen, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data, menarik kesimpulan,
serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
2.
Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan
pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat,
teliti, dan obyektif
3. Menganalisis
gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, kekekalan
energi, impuls, dan momentum
4. Mendeskripsikan
prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya
yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor
5. Menerapkan konsep
dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan
produk teknologi
6. Menerapkan konsep
dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk
teknologi
|
9. Biologi
|
1.
Merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis,
menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, menggunakan berbagai
peralatan untuk melakukan pengamatan dan pengukuran yang tepat dan teliti,
mengumpulkan, mengolah, menafsirkan dan menyajikan data secara sistematis,
dan menarik kesimpulan sesuai dengan bukti yang diperoleh, serta
berkomunikasi ilmiah hasil percobaan secara lisan dan tertulis
2.
Memahami keanekaragaman hayati dan klasifikasinya,
peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.
3.
Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem,
perubahan materi dan energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan
ekosistem
4.
Memahami konsep sel dan jaringan, keterkaitan antara
struktur dan fungsi organ, kelainan dan penyakit yang mungkin terjadi pada
sistem organ, serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan
masyarakat
5.
Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
dan perkembangan, proses metabolisme dan hereditas, evolusi dan implikasinya
dengan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
6. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada
sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
|
10. Kimia
|
1.
Melakukan percobaan, antara
lain merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan
variabel, merancang dan merakit instrumen, mengumpulkan, mengolah dan
menafsirkan data, menarik kesimpulan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan
secara lisan dan tertulis
2.
Memahami
hukum dasar dan penerapannya, cara perhitungan dan pengukuran, fenomena
reaksi kimia yang terkait dengan kinetika, kesetimbangan, kekekalan masa dan
kekekalan energi
3.
Memahami
sifat berbagai larutan asam-basa, larutan koloid, larutan elektrolit-non
elektrolit, termasuk cara pengukuran dan kegunaannya
4. Memahami konsep reaksi oksidasi-reduksi dan
elektrokimia serta penerapannya dalam fenomena pembentukan energi listrik,
korosi logam, dan pemisahan bahan (elektrolisis)
5. Memahami
struktur molekul dan reaksi senyawa organik yang meliputi benzena dan
turunannya, lemak, karbohidrat, protein, dan polimer serta kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
11. Sejarah
|
Kelas X
1.
Memahami ruang lingkup ilmu sejarah
2. Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
3. Menganalisis masa
pra-aksara dan masyarakat aksara pada masyrakat Indonesia
4. Menganalisis
kehidupan awal masyarakat di Indonesia meliputi peradaban awal, asal-usul dan
persebaran manusia di wilayah nusantara/Indonesia
Program IPA
1.
Menganalisis perkembangan masa negara-negara
tradisional yang meliputi masa Hindu-Buddha, Islam di Indonesia
2. Membandingkan
perkembangan masyarakat Indonesia masa penjajahan Hindia-Belanda dan
Pemerintahan Pendudukan Jepang
3. Menganalisis
proses kelahiran dan pertumbuhan nasionalisme di Indonesia
4. Merenkonstruksi
perkembangan masyarakat Indonesia sejak Proklamasi Kemerdekaan sampai dengan
periode Demokrasi terpimpin
5. Merekonstruksi
pergantian pemerintahan masa awal kemerdekaan (1945-1955), Demokrasi
terpimpin (1955-1967), ke masa pemerintahan Orde Baru (1967-1998) sampai
periode Reforrmasi (sejak 1998 s/d sekarang)
6. Merekonstruksi
perkembangan masyarakat pada masa Orde Baru
7. Menganalisis
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesudah Perang Dunia II sampai
dengan pertumbuhan teknologi mutahir
Program IPS
1.
Menganalisis kehidupan awal, peradaban manusia Indonesia
dan bangsa-bangsa lain di dunia, serta asal usul dan persebaran manusia di
Indonesia
2.
Menganalisis
perkembangan bangsa Indonesia pada masa Negara tradisional, meliputi perkembangan
budaya, agama, dan sistem pemerintahan masa Hindu-Buddha, masa Islam, proses interaksi antara tradisi
lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia
3.
Menganalisis kesejarahan masa kolonial Hindia Belanda
(pengaruh Barat) meliputi perubahan ekonomi, demografi, sosial, serta politik
dan masa kolonial Jepang yang meliputi perubahan sosial-ekonomi, politik
4.
Menganalisis
pengaruh berbagai revolusi politik dan sosial di dunia (Revolusi Perancis,
revolusi Amarika, revolusi Rusia) terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan
politik di Indonesia
5.
Menganalisis
peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945, terbentuk Negara Kesatuan
Republik Indonesia, dan lahirnya Undang-Undang Dasar 1945
6.
Menganalisis
perkembangan masyarakat Indonesia mulai masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha,
kerajaan-kerajaan Islam, permerintahan colonial Belanda, Inggris,
Pemerintahan Pendudukan Jepang, meliputi politik (lahirnya gerakan pendidikan
dan nasionalisme), cita-cita terbentuknya Negara merdeka dan sebagainya
7.
Menganalisis
perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan dan persatuan NKRI darii ancaman
disintegrasi bangsa, antara lain Peristiwa Madiun 1948, Pemnerontakan DI/TII,
Peristiwa PERMESTA, Peristiwa Andi Azis, RMS, PRRI, dan Gerakan G-30-S/PKI
8.
Menganalisis
perkembangan masyarakat Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan masa Orde
Baru, dan masa Reformasi, meliputi
Masa Pemerintahan Demokrasi Terpimpin (Orde baru, 1945-1967), masa
Demokrasi Pancasila (Orde Baru, 1967-1998), dan masa peralihan ke masa Reformasi(1998
–sekarang)
|
12. Geografi
|
1.
Memahami hakikat, objek, ruang lingkup, struktur,
dan pendekatan Geografi
2.
Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan
memanfaatkannya dalam mengkaji geosfer
3.
Memahami pemanfaatan citra dan SIG sebagai wahana
memvisualkan geosfer
4.
Menganalisis
dinamika dan kecenderungan perubahan unsur-unsur geosfer serta dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi
5.
Memahami pola dan aturan tata surya dan jagad raya
dalam kaitannya dengan kehidupan di muka bumi
6.
Memahami sumber daya alam dan pemanfaatannya secara
arif
7.
Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan
hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
8. Menganalisis konsep wilayah dan pewilayahan dalam kaitannya dengan
perencanaan pembangunan wilayah, pedesaan dan perkotaan, serta negara maju
dan berkembang
|
13. Ekonomi
|
1.
Menganalisis permasalahan ekonomi dalam kaitannya
dengan kebutuhan manusia dan sistem ekonomi
2.
Mendeskripsikan
kegiatan ekonomi produsen, konsumen, permintaan, penawaran dan harga
keseimbangan melalui mekanisme pasar
3.
Mendeskripsikan
kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi dalam kaitannya dengan pendapatan
nasional, konsumsi, tabungan dan investasi, uang dan perbankan
4.
Memahami pembangunan ekonomi suatu negara dalam
kaitannya dengan ketenagakerjaan, APBN, pasar modal dan ekonomi terbuka
5.
Menyusun siklus akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang
6.
Memahami fungsi-fungsi manajemen badan usaha,
koperasi dan kewirausahaan.
|
14. Sosiologi
|
1.
Memahami sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan
masyarakat dan lingkungan
2. Memahami proses
interaksi sosial di dalam masyarakat dan norma yang mengatur hubungan
tersebut serta kaitannya dengan dinamika kehidupan sosial
3. Mengidentifikasi
kegiatan bersosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
4. Mengidentifikasi
berbagai perilaku menyimpang dan anti sosial dalam masyarakat
5.
Menganalisis hubungan antara struktur dan mobilitas sosial dalam
kaitannya dengan konflik sosial
6.
Mendeskripsikan
berbagai bentuk kelompok sosial dan perkembangannya dalam masyarakat yang
multikutural
7.
Menjelaskan proses perubahan sosial pada masyarakat dan
dampaknya terhadap kehidupan masyarakat
8.
Menjelaskan hakikat dan tipe-tipe lembaga sosial dan
fungsinya dalam masyarakat
9. Melakukan penelitian sosial secara sederhana dan mengkominukasikan
hasilnya dalam tulisan dan lisan
|
15. Seni Budaya
|
Seni
Musik
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik
tradisional dan nontradisional dengan beragam teknik, media, dan materi musik
daerah setempat
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik
tradisional dan nontradisional dengan beragam proses, teknik, prosedur,
media, dan materi musik Nusantara
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik
tradisional dan nontradisional dengan beragam proses, teknik, prosedur,
media, dan materi musik mancanegara (NonAsia)
Seni Rupa
(Program IPA)
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa
terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat dan Nusantara
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni terapan
dengan memanfaatkan teknik mistar dan proyeksi dengan mempertimbangkan fungsi
dan corak seni rupa terapan Nusantara dan mancanegara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni dan terapan
(modern/ kontemporer) yang dikembangkan dari beragam unsur, corak dan teknik
seni rupa Nusantara
|
16.
Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
|
1.
Mempraktekkan keterampilan permainan dan
olahraga dengan menggunakan peraturan
2.
Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan
irama serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.
Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas
lainnya
4.
Mempraktekkan gerak ritmik yang meliputi senam pagi, senam aerobik, dan aktivitas
lainnya
5.
Mempraktekkan kegiatan dalam air seperti renang, permainan di air dan keselamatan di
air
6.
Mempraktekkan kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti melakukan perkemahan,
penjelajahan alam sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain
7. Memahami
budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta
lingkungan yang sehat, mengenal berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta
menghindari narkoba dan HIV
|
17.Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
1.
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan
teknologi informasi dan komunikasi yang ditopang oleh sikap cermat dan
menghargai Hak Atas Kekayaan Intelektual
2.
Menggunakan perangkat pengolah kata, pengolah angka,
pembuat grafis dan pembuat presentasi dengan variasi tabel, grafik, gambar
dan diagram untuk menghasilkan informasi
3. Memahami prinsip dasar Internet/intranet dan menggunakannya untuk
memperoleh informasi, berkomunikasi dan bertukar informasi
|
18.
Bahasa Mandarin
|
1. Mendengarkan
Mengidentifikasi
bunyi hanyu pinyin dan memahami
makna dalam wacana lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, dan pekerjaan
2. Berbicara
Mengungkapkan
makna secara lisan dengan lafal hanyu
pinyin dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, dan pekerjaan
3. Membaca
Membaca
nyaring dan memahami makna dalam wacana tertulis dengan lafal/ejaan hanyu pinyin dan hanzi berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan
pekerjaan
4. Menulis
Mengungkapkan
makna secara tertulis dengan ejaan hanzi
dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan
pekerjaan
|
V. STRUKTUR DAN MUATAN KTSP SMA NEGERI 1 JAKARTA
1.
Kelompok Mata Pelajaran
Struktur dan muatan KTSP pada jenjang pendidikan
dasar dan menengah yang tertuang dalam SI meliputi lima kelompok mata pelajaran
sebagai berikut.
(1)
Kelompok mata pelajaran agama dan
akhlak mulia
(2) Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
(3) Kelompok mata pelajaran ilmu
pengetahuan dan teknologi
(4) Kelompok mata pelajaran estetika
(5) Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
Kelompok mata pelajaran tersebut dilaksanakan melalui
muatan dan/atau kegiatan pembelajaran sebagaimana diuraikan dalam PP 19/2005
Pasal 7.
Cakupan
setiap kelompok mata pelajaran disajikan sebagai berikut :
No
|
Kelompok
Mata Pelajaran
|
Cakupan
|
1.
|
Agama dan Akhlak Mulia
|
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk
membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi
pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
|
2.
|
Kewarganega-raan dan
Kepribadian
|
Kelompok mata pelajaran
kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan
wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya
sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan
termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan
terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan
hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada
hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi,
kolusi, dan nepotisme.
|
3.
|
Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi
|
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMA Negeri 1 Jakarta dimaksudkan
untuk memperoleh kompetensi
lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah
secara kritis, kreatif dan mandiri.
|
4.
|
Estetika
|
Kelompok mata pelajaran estetika
dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan
kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan
mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik
dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup,
maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan
yang harmonis.
|
5.
|
Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
|
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga
dan kesehatan pada SMA Ngeri 1 Jakarta dimaksudkan untuk meningkatkan potensi
fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup
sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran,
sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang
bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual
bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit
lain yang potensial untuk mewabah.
|
2. Struktur Kurikulum SMA Negeri 1 Jakarta
A. Mata Pelajaran
Muatan mata pelajaran yang diberikan di SMA Negeri 1
Jakarta sesuai dengan struktur kurikulum yang terdapat dalam Standar Isi
Kelas X
Komponen |
Alokasi Waktu
|
|
Semester 1
|
Semester 2
|
|
A. Mata Pelajaran
|
|
|
1. Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2. Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
3.
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4. Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
5. Matematika
|
4
|
4
|
6. Fisika
|
2
|
2
|
7. Biologi
8. Kimia
|
2
2
|
2
2
|
9. Sejarah
10. Geografi
11. Ekonomi
12. Sosiologi
|
1
1
2
2
|
1
1
2
2
|
13. Seni Budaya
|
2
|
2
|
14. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
15. Teknologi Informasi dan Komunikasi
16. Bahasa Mandarin
|
2
2
|
2
2
|
B. Muatan Lokal
|
2
|
2
|
C. Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah |
38
|
38
|
Kelas XI dan XII program IPA
Komponen |
Alokasi Waktu
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2. Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4. Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5. Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6. Fisika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7. Kimia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
8. Biologi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
9. Sejarah
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10. Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
13. Bahasa Jepang
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B. Muatan Lokal
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C. Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah |
39
|
39
|
39
|
39
|
Kelas XI dan XII program IPS
Komponen |
Alokasi Waktu
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|
A. Mata Pelajaran
Pendidikan
Agama
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Sejarah
|
3
|
3
|
3
|
3
|
Geografi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
Ekonomi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Sosiologi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
Seni
Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Bahasa
Jerman
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B. Muatan Lokal
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C. Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah |
39
|
39
|
39
|
39
|
Dari struktur kurikulum yang ada SMA Negeri 1 Jakarta menambah jam
pelajaran dengan perincian sebagai berikut :
No
|
Kelas
|
Mata Pelajaran |
Jam tambahan
|
1.
|
X
|
1.
Matematika
2.
Fisika
3.
Kimia
4.
Bahasa Inggris
|
2
2
2
2
|
2.
|
XI - IA
|
1.
Matematika
2.
Fisika
3. Kimia
4. Bahasa Inggris
|
2
2
2
2
|
3.
|
XI - IS
|
1.
Ekonomi
2.
Matematika
3.
Bahasa Inggris
|
2
2
2
|
4.
|
XII - IA
|
1. Matematika
2. Fisika
3. Kimia
4. Bahasa Inggris
|
2
2
2
2
|
5.
|
XII - IS
|
1.
Ekonomi
2.
Matematika
3.
Bahasa Inggris
|
2
2
2
|
B. Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk
mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah,
termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari
mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata
pelajaran tersendiri. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan,
tidak terbatas pada mata pelajaran keterampilan. Muatan lokal merupakan mata
pelajaran, sehingga satuan pendidikan harus mengembangkan Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan.
Satuan pendidikan dapat menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal
setiap semester. Ini berarti bahwa dalam satua tahun satuan pendidikan dapat
menyelenggarakan dua mata pelajaran muatan lokal
Dengan mengacu pada substansi yang ada SMA negeri 1
Jakarta memberikan muatan lokal berdasarkan kebutuhan dan budaya daerah yaitu
memberikan wawasan dan keterampilan yang utuh terhadap penguasaan Teknologi
informasi dan komunikasi sesuai kebutuhan
peserta didik dan tuntutan masyarakat lokal, nasional maupun global.
Muatan lokal yang dikembangkan di SMA Negeri 1
Jakarta adalah pemenuhan kebutuhan peserta didik akan keterampilan pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi dalam menyongsong tantangan informasi yang
global meliputi :
No
|
Kelas
|
Muatan Lokal |
1.
|
X
|
1.
Flash
2.
Web-desain ( Statis )
|
2.
|
XI - IA
|
1.
Mengenal Bahasa program
2.
Visual basic
3.
Acces
4.
Pascall
|
3.
|
XI - IS
|
1.
Mengenal Komputer Akuntansi
2.
Program aplikasi akuntansi
|
4.
|
XII - IA
|
1.
jaringan sederhana
2.
Merakit Perangkat keras
3.
Web-desain ( Dinamis )
|
5.
|
XII - IS
|
1.
Program aplikasi akuntansi
2.
Foto shop
|
C. Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan
mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta
didik sesuai dengan kondisi SMA Negeri 1 Jakarta.
Kegiatan
pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan
dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pembentukan
karier peserta didik. Pengembangan diri bagi peserta didik SMA Negeri 1 Jakarta
terutama ditujukan untuk pengembangan kreativitas dan bimbingan karier.
Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan/atau
dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan
dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler seperti Kegiatan keagamaan ( Rohani
Islam, Rohani Kristen dan Serikat ) kegiatan keolahragaan ( Fut sal, bulu
tangkis, basket, bola voli, karate, teakwondo, Judo, Pencak silat) kegiatan
kepemimpinan ( LDKS, Paskibra , Palang Merah Remaja, Pramuka ) Kegiatan
Kesenian (Dapur Teater Satu, Paduan Suara, Band, Tarian Daerah, Break Dance, Modern
Dance, Cheerleaders) Pencinta Alam, Kelompok Ilmiah Remaja, kelompok Majalah
kreasi, dan Fotografi. Setiap peserta didik diberikan kesempatan untuk memilih
jenis ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri 1 Jakarta. Segala aktifitas
peserta didik berkenaan dengan kegiatan ekstrakurikuler dibawah pembinaan dan
pengawasan guru pembina yang telah ditugasi oleh sekolah.
D. Beban Belajar
Beban belajar yang
diatur di SMA Negeri 1 Jakarta dengan menggunakan
Sistem Paket yaitu sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta
didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar
yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang
berlaku pada SMA Negeri 1 Jakarta. Beban belajar setiap mata pelajaran pada Sistem
Paket dinyatakan dalam satuan
jam pembelajaran.
Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh
peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka,
penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Semua itu
dimaksudkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan dengan memperhatikan
tingkat perkembangan peserta didik.
Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang
berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar
kegiatan tatap muka per jam pembelajaran di SMA Negeri 1 Jakarta berlangsung
selama 45 menit.
E. Ketuntasan Belajar
SMA Negeri 1 Jakarta menentukan kriteria ketuntasan
minimal dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas
kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan
pembelajaran.
Kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran sebagai
berikut :
Kelas X
Mata Pelajaran |
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|
PPK dan Praktik
|
Sikap
|
|
1. Pendidikan Agama
|
70
|
B
|
2. Pendidikan
Kewarganegaraan
|
65
|
B
|
3.
Bahasa
Indonesia
|
65
|
C
|
4. Bahasa Inggris
|
65
|
C
|
5. Matematika
|
60
|
C
|
6. Fisika
|
60
|
C
|
7. Biologi
|
65
|
C
|
8. Kimia
|
65
|
C
|
9. Sejarah
|
65
|
C
|
10. Geografi
|
65
|
C
|
11. Ekonomi
|
65
|
C
|
12. Sosiologi
|
65
|
C
|
13. Seni Budaya
|
70
|
B
|
Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
|
70
|
B
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
70
|
C
|
Bahasa Mandarin
|
60
|
C
|
Muatan Lokal
|
65
|
C
|
Pengembangan
Diri
|
|
B
|
Program Ilmu Alam
Mata Pelajaran |
Kriteria ketuntasan minimal
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
PPK dan Praktik
|
Sikap
|
PPK dan Praktik
|
Sikap
|
|
Pendidikan
Agama
|
70
|
B
|
70
|
B
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
65
|
B
|
65
|
B
|
Bahasa
Indonesia
|
65
|
B
|
65
|
C
|
Bahasa
Inggris
|
65
|
C
|
65
|
C
|
Matematika
|
60
|
C
|
60
|
C
|
Fisika
|
60
|
C
|
60
|
C
|
Kimia
|
60
|
C
|
60
|
C
|
Biologi
|
60
|
C
|
60
|
C
|
Sejarah
|
65
|
C
|
65
|
C
|
Seni
Budaya
|
70
|
B
|
70
|
B
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
70
|
B
|
70
|
B
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
65
|
C
|
65
|
C
|
Bahasa Jepang
|
60
|
C
|
60
|
C
|
Muatan
Lokal
|
65
|
C
|
65
|
C
|
Pengembangan
Diri
|
|
B
|
|
B
|
Program Ilmu Sosial
Mata Pelajaran |
Kriteria ketuntasan minimal
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
PPK dan Praktik
|
Sikap
|
PPK dan Praktik
|
Sikap
|
|
Pendidikan
Agama
|
70
|
B
|
70
|
B
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
65
|
B
|
65
|
B
|
Bahasa
Indonesia
|
65
|
C
|
65
|
C
|
Bahasa
Inggris
|
65
|
C
|
65
|
C
|
Matematika
|
60
|
C
|
60
|
C
|
Sejarah
|
65
|
C
|
65
|
C
|
Geografi
|
65
|
C
|
65
|
C
|
Ekonomi
|
65
|
C
|
60
|
C
|
Sosiologi
|
65
|
C
|
60
|
C
|
Seni
Budaya
|
65
|
B
|
65
|
B
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
70
|
B
|
70
|
B
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
65
|
C
|
65
|
C
|
Bahasa
Jerman
|
60
|
C
|
60
|
C
|
Muatan Lokal
|
65
|
C
|
65
|
C
|
Pengembangan Diri
|
|
B
|
|
B
|
Dari data yang ada SMA Negeri 1 Jakarta meningkatkan kriteria ketuntasan belajar
secara bertahap dan terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal
yaitu 100.
F. Kenaikan Kelas, Penjurusan,
Kelulusan dan Mutasi
Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan
pada setiap akhir tahun ajaran. Kriteria
kenaikan kelas diatur sebagai berikut :
1. Peserta didik harus
menyelesaikan seluruh program pembelajaran di kelas yang bersangkutan
2. Peserta didik dinyatakan tidak naik ke kelas XI, apabila yang bersangkutan tidak mencapai
ketuntasan belajar minimal, lebih dari 3 (tiga) mata pelajaran.
3.
Peserta didik dinyatakan tidak naik ke kelas XII, apabila yang bersangkutan tidak
mencapai kriteria ketuntasan minimal,
lebih dari 3 (tiga) mata pelajaran yang bukan mata pelajaran ciri khas program
studi.
4.
Peserta
didik memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir tahun pelajaran untuk
seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok
kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok
mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan
Penjurusan
1.
Waktu penjurusan
a. Penentuan penjurusan program studi Ilmu Alam dan Ilmu Sosial dilakukan
mulai akhir semester 2 kelas X.
b. Pelaksanaan penjurusan program studi di semester 1 kelas XI.
2.
Kriteria penjurusan program studi meliputi :
a. Nilai akademik,
Peserta didik yang naik kelas XI dan akan mengambil program studi
tertentu yaitu : Ilmu Alam atau Ilmu Sosial: boleh memiliki nilai yang tidak
kompeten paling banyak 3 (tiga) mata pelajaran pada mata pelajaran-mata
pelajaran yang bukan menjadi ciri khas program studi tersebut (lihat Struktur
Kurikulum). Penjurusan peserta didik yang memasuki Program
Ilmu Alam adalah peserta didik yang memiliki nilai mata pelajaran program Ilmu
Alam ( fisika, biologi, kimia ) dan ditambah matematika rata-rata 65
b. Minat peserta didik
Untuk mengetahui minat peserta didik dapat dilakukan melalui
angket/kuesioner dan wawancara yang dilakukan oleh guru BK dan wali kelas, atau
cara lain yang dapat digunakan untuk mendeteksi minat, dan bakat.
c. Batas waktu untuk pindah
program studi paling lambat 1 (satu) bulan dengan memperhatikan point a dan b
di atas.
Kelulusan
Sesuai dengan ketentuan
PP 19/2005 Pasal 72 Ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan
pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah:
a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b.
memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran
kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan
kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran
jasmani, olahraga, dan kesehatan;
c. lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
d. lulus Ujian Nasional.
Kriteria peserta didik
yang dinyatakan lulus secara rinci sesuai dengan Ketentuan mengenai penilaian
akhir dan ujian sekolah yang diatur lebih lanjut dengan peraturan Menteri dan
prosedur operasi standar ( POS ) tentang Ujian Nasional yang berlaku dalam
tahun pelajaran 2006/2007.
Mutasi
SMA Negeri 1
Jakarta menentukan persyaratan pindah / mutasi peserta didik sesuai dengan
prinsip manajemen berbasis sekolah, melalui suatu mekanisme yang obyektif dan
transparan antara lain mencakup hal-hal sebagai berikut:
a. Memenuhi persyaratan yang ditentukan
1. Surat permohonan orang tua yang bersangkutan
2. Memiliki Laporan Hasil belajar ( Rapor ) dengan nilai lengkap dari
sekolah asal
3. Memilki Ijazah Sekolah Menengah Pertama/sederajat.
4. Memiliki surat tanda lulus dengan nilai yang tidak lebih rendah dari nilai
minimal ( PSB pada tahunnya )
5. Memiliki surat pindah dari sekolah asal yang diketahui oleh pengawas
dengan dilampirkan daftar 8355 ( status peserta didik yang bersangkutan )
b. Menyesuaikan bentuk laporan hasil belajar (LHBS) dari sekolah asal
sesuai dengan bentuk raport yang digunakan di sekolah tujuan
c.
Mengikuti seleksi masuk dengan tes sesuai program yang diminati dan
hasilnya diumumkan secara terbuka.
G. Pendidikan
Kecakapan Hidup
SMA Negeri 1 Jakarta
memberikan pendidikan kecakapan hidup, yang mencakup kecakapan pribadi,
kecakapan sosial, kecakapan akademik dan kecakapan vokasional, secara terpadu
dan merupakan bagian integral dari pendidikan semua mata pelajaran, muatan
lokal dan pengembangan diri.
VI. Kalender Pendidikan
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Permulaan tahun
pelajaran
|
Awal Tahun pelajaran
|
17 Juli 2006
|
2.
|
Minggu efektif
belajar
|
36 Minggu
|
Digunakan untuk kegiatan pembelajaran efektif pada
setiap satuan pendidikan
|
3.
|
Ujian /ulangan
|
6 minggu (setiap semester 3 minggu )
|
Pada semester 1
dilaksanakan pada :
1.
28 Agustus s.d. 2 September 2006
2. 9 s.d 14 Oktober 2006
3. 4 s.d. Desember 2006
Pada semester 2
dilaksanakan pada :
1.
19 s.d. 24 April 2007
2.
26 s.d 31 Maret 2007
3.
4 s.d. 9 Juni 2007
|
4.
|
Hari libur keagamaan
|
3 minggu
|
1. Libur awal Ramadhan
21 s.d 26 September 2006
2. 2. libur hari Raya
Iedul Fitri 17 Oktober s.d. 1 Nopember 2006
|
5.
|
Jeda tengah semester
|
1 minggu
( 3 hari semester 1 dan
3 hari semester
|
1. 9 s.d.11 Nopember 2006
2. 12 s.d. 14 April 2007
|
6.
|
Pembagian rapor
|
Akhir semester 1
|
30 Desember 2006
|
7.
|
Jeda antarsemester
|
2 minggu
|
Libur semester I ( 2 s.d. 15 Januari 2007)
|
8.
|
Ujian sekolah
|
2 minggu
|
23
April s.d. 4 Mei 2007
|
9.
|
Ujian Nasional
|
1 minggu
|
14
s.d. 16 Mei 2007
|
10.
|
Pembagian rapor
|
Akhir semester 2
|
30 Juni 2007
|
11.
|
Libur akhir tahun pelajaran
|
2 minggu
|
2 s.d. 15 Juli 2007
|
12.
|
Program remedial
|
1. sepanjang hari efektif belajar
2. 16 hari efektif
|
1.
untuk Remedial
proses
2.
untuk Remedial test dilaksankan setelah ujian
dengan menggunakan hari Jumat dan Sabtu
|
13.
|
Hari libur umum/nasional
|
2 minggu
|
Disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah daerah dan
pusat
|
14.
|
Hari libur khusus
|
1 minggu
|
Menjelang hari ulang tahun sekolah yang ke-61 pada
13 Maret 2007 ( 5 s.d. 10 Maret 2007)
|
VII. Silabus Mata Pelajaran
Silabus
Mata pelajaran menjadi lampiran yang tak terpisahkan dari Kurikulum SMA Negeri
1 Jakarta tahun 2006/2007.
No comments:
Post a Comment